Friday, July 10, 2009

PANTAI PANGANDARAN DI KABUPATEN CIAMIS

PANTAI PANGANDARAN

Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai yang ada di Kabupaten Ciamis, tepatnya di bagian Selatan, yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah di bagian timurnya dan langsung menghadap Samudra Indonesia di selatannya. Menurut google earth, lokasi Pantai Pangandaran ada di 7,42'14.22" S dan 108 39'21.21" T.
Pantai Pangandaran berkontur landai yang membuatnya cocok untuk lokasi wisata air atau pantai. Pantai pangandaran yang beberapa bulan lalu terkena tsunami kini telah pulih dan kembali ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun luar negeri.
Selain menyediakan kunjungan wisata laut atau bahari juga menyajikan wisata hutan. Hutan lindung yang dikenal dengan Cagar Alam, yang merupakan habitat beberapa hewan khas Indonesia, khususnya khas Pangandaran. Berbagai jenis kera, kijang, dan hewan lainnya hidup bebas di cagar alam ini. Selain hewan, berbagai kekayaan botani juga tumbuh dan berkembang bebas di Cagar Alam ini.
Letak yang strategis denggan pantai yang landai dan terlindung, membuatnya strategis, terutama dari segi militer. Pantai Pangandaran sangat cocok untuk operasi pendaratan pasukan lewat laut. Jepang yang pernah menduduki Indonesia melihat hal tersebut, dan mereka mendirikan basis pertahanan di Pantai Pangandaran. Benteng, bunker, goa-goa juga menjadi salah satu bukti peninggalan Jepang tersebut.
Situs sejarah peninggalan abad-abad sebelumnya juga ada di Pangandaran ini.

Kayanya objek wisata di daerah Pangandaran dan sekitarnya memberikan kontribusi yang besar bagi Kabupaten Ciamis. Sayang sekali, Pemerintah Kabupaten Ciamis agaknya kurang dapat memberikan timbal balik yang maksimal. Jalan, sebagai akses utama memasuki kawasan Pantai Pangandaran masih minim, sempit, dan dibeberapa tempat berlubang atau bergelombang yang mengurangi kenyamanan pengunjung atau bahkan dapat mencelakakan.
Di lokasi, Pantai Pangandaran, penataan sangat tidak terlihat. Semrawut, acak-acakan dan kumuh menjadi pemandangan minus dari Pantai Pangandaran.Pantai tidak terlihat dari dari jalan raya akibat tertutup tenda pedagang.

2 comments:

  1. kalau naik motor dari daerah Bogor ke Pangandaran rute'y bisa kasih "pencerahan" gak...??

    Terima Kasih (^_^)

    ReplyDelete
  2. Bogot - Puncak - Ciajur - Padalarang - Cimahi- Jl. Soekarno-Hatta Bandung - Cibiru - Cileunyi - Nagreg - Limbangan - Malangbong - Gentong - Tasikmalaya - Ciamis - Banjar - Banjar Sari - Padaherang - Kalipucang - Pangandara

    ReplyDelete