Thursday, April 7, 2011

Ciamis Suka-Suka: Kesadaran Dijalan Siswa SMP Negeri 1 Cisaga

Kesadaran dan kewaspadaan siswa maupun siswi SMP Negeri 1 Cisaga Kabupaten Ciamis, ketika menjadi pengguna jalan ternyata sangat mengkhawatirkan. Mereka tidak hanya tidak waspada ketika menjadi pejalan kaki tetapi sudah membahayakan dirinya dan pengguna jalan lain.
Kesadaran dan kewaspadaan ketika berjalan di jalan raya tampaknya perlu kembali ditingkatkan jika tidak mau kecelakaan fatal terjadi. Dalam kurun waktu satu bulan saja telah terjadi kecelakaan lalulitas yang melibatkan siwa atau siswi SMP Negeri 1 Cisaga yang tepat berada di depan pintu gerbang SMP Negeri 1 Cisaga. Walaupun tidak sampai menimbulkan kecelakaan fatal tetapi kecelakaan yang terjadi tidak lagi pantas terjadi di lingkungan sebuah sekolah mengingat tingkat pembelajaran dan pengajaran yang didapat mereka di SMP Negeri 1 Cisaga seharusnya sudah dianggap cukup untuk mengetahui akan cara dan tata krama ketika kita berjalan di jalan umum.
Dilihat dari seringnya kecelakaan yang melibatkan siswa/siswi SMP Negeri 1 Cisaga itu tidak menutup kemungkinan akibat kelalaian pengajar dan pembimbing di lingkungan SMP Negeri 1 Cisaga sendiri. Mereka lalai dalam memberikan arahan dalam hal tata krama bersosialisasi umumnya, khususnya tata krama ketika berjalan di jalan umum.

3 comments:

  1. Mungkin saja itu bukan dari kelalaian pihak sekolah dalam hal memberikan pengarahan tentang tata cara tertib berlalu lintas, karena sejauh yang saya tahu sekolah sering memberikan pengarahan baik pada waktu upacara maupun dalam tata tertib yang sudah dibuat, juga tentang pelarangan membawa motor ke sekolah baik kepada siswa maupun orang tua siswa, sehingga dalam hal ini kejadian tersebut bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain di luar sekolah. Tidak dapat dipungkiri siswa berada di sekolah itu hanya sekitar 6 jam sehari,sisanya berada di luar sekolah, sehingga dengan demikian dimungkinkan banyak pengaruh misalnya dari lingkungan tempat tinggal, pergaulan remaja, dampak negatif globalisasi, dan lainnya.Panginten kitu Kaaaaang..!!!

    ReplyDelete
  2. sukur kalo emang pihak sekolah emang sudah memberikan pengarahan... sama sekali tidak ada maksud mendiskreditkan SMPN 1 Cisaga, tapi kejadian yang terjadi di luar sekolah, yang menjadi perhatian adalah "sekolah dimana?" (kalo tidak berseragam), sebab sekolah masih dianggap lembaga yang sangat berkepentingan dalam menanamkan berbagai ilmu dan disiplin.

    ReplyDelete