Tuesday, April 28, 2009

Ciamis - Banjar Sebagai Akses Jawa Barat dan Indonesia

Ciamis dan Banjar merupakan dua pemerintahan dalam satu wilayah. Ciamis dan Banjar merupakan salah satu pilar Provinsi Jawa Barat di bagian Timur, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.
Akses masuk Jawa Barat dari arah Timur, khusunya Jawa Barat Tenggara, jalan negara melewati Kota Banjar, disamping juga jalan lintas Cilacap - Kalipucang yang merupakan bagian dari Ciamis. Di Ciamis arah Timur Laut, Kecamatan Tambaksari yang merupakan bagian dari Ciamis mempunyai akses langsung ke Jawa Tengah melalui Dayeuh Luhur yang sudah merupakan wilayah Jawa Tengah.
Ciamis yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah di bagian timur, juga berhadapan langsung dengan Samudra Indonesia di bagian Selatan yang notabene adalah bagian luar dari Indonesia hingga habis ZEE. Sangat wajar dalam perjalanannya Ciamis menggunakan "benteng" dalam panjinya. Selain sebagai gerbang masuk, juga bisa dikatakan sebagai titik pertahanan dari Indonesia, terbukti dengan peninggalan Goa Jepang dan situs sejarah lainnya di daerah Pantai Pangandaran yang digunakan Jepang menjaga penyusupan kapal sekutu lewat selatan Pulu Jawa. Hal ini menandakan, dari segi pertahanan, Pangandaran yagn merupakan bagian dari Ciamis di bagian Selatan / Tenggara merupakan titik strategis pertahanan lewat laut.

Lebih detil bisa dilihat di Google maps

No comments:

Post a Comment