Monday, March 4, 2013

SITU CIHAURGEULIS, CISAGA, KABUPATEN CIAMIS

Danau Cihaurgeulis, Cekdam Ciahurgeulis, Sukahurip, Cisaga
Situ Cihaurgeulis, Sukahurip, Kecamatan Cisaga, Ciamis
Situ Cihaurgeulis atau lebih dikenal dengan Cekdam Cihaurgeulis merupakan situ atau danau buatan yang terdapat di Desa Sukahurip Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Situ Cihaurgeulis dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis untuk menampung air untuk disalurkan ke daerah sekitar Noong dan wilayah persawahan lain di sekitarnya. Tanah untuk pembangunan bendungan itu merupakan tanah bengkok milik Desa Sukahurip. Pengerjaanya memakan waktu hingga kurang lebih 6 bulan lamanya, mulai dari membebaskan tanah hingga terbentuk cekungan dan mulai meninggikan bagian tepi sebelah timur yang merupakan areal persawahan yang langsung berhubungan dengan Sungai Ciliung.
Kedalaman danau buatan Situ Cihaurgeulis bervariasi dari 0,5 meter di bagian timur laut dan yang paling dalam berada di sebelah tenggara yang mencapai kedalaman 6 - 10 meter. Bagian inilah yang merupakan pintu masuk ke Situ Cihaurgeulis. 60% tepi danau di bagian barat Cekdam Cihaurgeulis hingga timur laut dikelilingi oleh jalan yang berukuran 2 meter yang dapat diakses langsung oleh kendaraan ringan beroda empat.
Keindahan dan ketenangan suasana Situ Cihaurgeulis menjadikannya cocok digunakan sebagai tempat rekreasi untuk bersantai. Potensi ini dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Sukahurip Kecamatan Cisaga sebagai pendapatan asli daerah dengan cara narik retribusi kepada para pengunjung.

1 comment:

  1. jangan bohong....kata siapa situ ini tempat tampung air untuk disalurkan ke daerah sekitar ? ini adalah proyek masih sia2...sayang sekali dana pemerintah dan sawah olahan rakyat jadi mubazir

    ReplyDelete