Wednesday, July 13, 2011

PNPM di Desa Cisaga Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis

Beberapa tahun terakhir pemerintah meluncurkan program "pinjaman lunak" yang ditujukan kepada masyarakat dan lingkungan untuk mendukung kelancaran pembangunan di tingkat dasar. PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri, itulah program tersebut. 
Menurut situsnya, PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya.
Tujuan pelaksanaan PNPM Mandiri diantaranya adalah meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin secara mandiri. Lebih khusus lagi PNPM bertujuan untuk:
  • Meningkatnya partisipasi seluruh masyarakat, termasuk masyarakat miskin, kelompok perempuan, komunitas adat terpencil dan kelompok masyarakat lainnya yang rentan dan sering terpinggirkan ke dalam proses pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan.
  • Meningkatnya kapasitas kelembagaan masyarakat yang mengakar, representatif dan akuntabel.
  • Meningkatnya kapasitas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama masyarakat miskin melalui kebijakan, program dan penganggaran yang berpihak pada masyarakat miskin (pro-poor)
  • Meningkatnya sinergi masyarakat, pemerintah daerah, swasta, asosiasi, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat dan kelompok perduli lainnya untuk mengefektifkan upaya-upaya penanggulangan kemiskinan.
  • Meningkatnya keberadaan dan kemandirian masyarakat serta kapasitas pemerintah daerah dan kelompok perduli setempat dalam menanggulangi kemiskinan di wilayahnya.
  • Meningkatnya modal sosial masyarakat yang berkembang sesuai dengan potensi sosial dan budaya serta untuk melestarikan kearifan lokal.
  • Meningkatnya inovasi dan pemanfaatan teknologi tepat guna, informasi dan komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat.
PNPM ditujukan kepada setiap lingkungan masyarakat untuk memperlancar pembangunan disegala bidang di lingkungan yang dimaksud. Lingkungan sasaran ...
terutama lingkungan dalam lingkup dasar pemerintahan seperti masyarakat di tingkat Dusun/Kampung ataupun Desa.
Desa Cisaga Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis juga termasuk sasaran dari PNPM Mandiri, pada awalnya.
Pada tahun-tahun awal diterapkannya PNPM Mandiri di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis memang ditujukan untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat dengan harapan dalam perjalannya dapat berkesinambungan. Karena satu dan lain hal yang diduga karena keteledoran dan manipulasi, PNPM Mandiri di Desa Cisaga Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis tidak berkesinambungan dan dari hasil audit yang dilakukan tim PNPM Mandiri, Petugas PNPM mandiri menarik kesimpulan bahwa masyarakat Desa Cisaga dianggap tidak mampu mengelola bantuan dari PNPM Mandiri tersebut dan mendapatkan "raport merah".
Hal itu disebabkan karena beberapa faktor yang cukup dominan, diantaranya Pihak pemerintahan setempat yang kurang sosialisasi kepada masyarakat berkaitan dengan PNPM Mandiri, Pihak tertentu menjadikan PNPM Mandiri sebagai komoditas proyek untuk memperoleh keuntungan pribadi, Campur tangan "Pihak Desa" yang diduga terlelu dominan dalam pengambilan kebijakan berkaitan dengan PNPM Mandiri yang sedianya "Pihak Desa" ini hanya menjadi fasilitator penyedia sarana dan prasarana PNPM Mandiri itu, hingga menjadikan petugas PNPM Mandiri di Desa Cisaga kurang bisa melaksanakan program sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai pengawas dalam pelaksanaan dan pemanfaatan PNPM Mandiri.
Setidaknya itulah temuan penulis dalam melihat PNPM Mandiri di Desa Cisaga Kecamatan Cisaga kabupaten Ciamis berdasarkan apa yang dikemukakan berbagai kalangan terutama masyarakat di Desa Cisaga.

No comments:

Post a Comment